Berbagi

TED Talks

TED Talks : Ideas Worth Spreading

Berangkat dari singkatan Technology, Entertainment, and Design Talks; TED Talks memilki visi menyebarkan begitu banyaknya pemikiran, ide, dan gagasan luar biasa yang lahir setiap waktunya di seluruh penjuru dunia. Berkembang sejak 1984, TED Talks kini sudah menyebarkan ribuan ide dengan beragam topik lebih dari topik teknologi, hiburan, dan desain yang menyusun merk-nya. Untuk profil lengkap, monggo cek website resminya TED Talks.

Terima kasih kepada kak Rinni Meir Rakhmeni, seorang wanita panutan, inspirasional, tenang, berjiwa bebas, dan bijak yang memperkenalkan gue pada TED Talks ini. Kami sedang di rumah pasangan Bang Ferry – Kak Frisca untuk sesi belajar Alkitab rutin di Minggu siang waktu kak Rinni menonton sebuah video ‘seminar’ dari handphone-nya yang tak lain adalah salah satu klip TED Talks. Didukung oleh testimoni baik kak Frisca tentang TED Talks, jadilah gue menyicipi satu klip TED Talks yang saat itu adalah favorit kak Rinni yaitu The Power of Vulnerability dari Brene Brown disambung klip tersingkat di hapenya dari Hetain Patel, Who Am I? Think Again. Little much, kedua talks ini memberi gue bahan self-reflection yang berharga.

maxresdefault

Dari situ, gue udah nonton (lumayan) banyak talks dari begitu banyaknya talks yang diarsipkan TED. Dari teknologi sampai seni, isu migrasi ke Mars sampai urusan rasa malu individu, musik sampai travelling, atau cerita inspirasional anak teroris sampai curhat seorang tukang-menunda ada semuanya. TED sendiri merangkum sejumlah talks nya yang paling powerful di dalam playlist kompilasi 20 most popular TED Talks. Gue pribadi mau berbagi TED-talks-playlist gue yang beberapa di antaranya ada di dalam top-twenty tadi sementara yang lain gak kalah powerful yet inspirational kok. Anyway, saking luasnya topik talks yang ada, klip-klip TED pilihan gue ini sangat subjektif dengan pengaruh kepribadian gue. Jadi jika anda berpikir TED talks favorit saya kurang menarik, tidak berarti TED Talks ini tidak menarik. Hanya saja saya dan anda berdiri di pulau berbeda 😉

Here is my TED Talks playlist, tujuh klip pertama masuk dalam top 20 TED Talks ever.

  1. Brene Brown – The Power of Vulnerability
  2. Simon Sinek – How Great Leaders Inspire Action
  3. Amy Cuddy – Your Body Language Shapes Who You Are
  4. Susan Cain – The Power of Introverts
  5. Kelly McGonigal – How to Make Stress Your Friend
  6. Robert Waldinger – What Makes a Good Life? Lessons from the Longest Study on Happiness
  7. Cameron Russell – Looks aren’t Everything. Believe Me, I’m a Model TEDxMidAtlantic 2012 - Cameron Russell
  8. Tim Urban – Inside the Mind of a Master Procrastinator
  9. Celeste Headlee – 10 Way to Have a Better Conversation
  10. Guy Winch – Why We All Need to Practice Emotional First Aid
  11. Melisa Marshall – Talk Nerdy to Me
  12. Hetain Patel – Who Am I? Think Again
  13. Dave Isay – Everyone Around You Has a Story the World Needs to Hear
  14. Mandy Len Catron – Falling in Love is the Easy Part
  15. Suzanne Simard – How Trees Talk to Each Other

Silahkan di klik setiap link di tiap judul talks rekomendasi gue, sementara izinkan gue ceritain beberapa talks yang unik.

Brene Brown – The Power of Vulnerability


Ini nih!! Bisa dibilang ini most powerful talk ever! Ketika dunia memaksa kita menjadi pribadi tangguh, Brene Brown dengan lantang mengajak orang-orang jujur dengan kerapuhannya. Ibu ilmuwan yang kerjaannya dengerin orang curhat ini mengungkapkan betapa berharganya kerapuhan itu sebenarnya dengan gaya ceritanya yang jenaka dan segar. Jangan lewatkan juga kelanjutan talk Mrs. Brown di Listening to Shame.

What makes you vulnerable makes you beautiful

Tim Urban – Inside the Mind of a Master Procrastinator


Gue nonton talk ini pada dasarnya karena gue adalah seorang penunda terbaik dalam keadaan terburuk. Gue pikir ini talk bakal mengupas reaksi kimia dalam otak atau mekanisme berpikir seorang penunda. Tapi iya sih, dia bicara soal mekanisme otak seorang penunda. Otak yang diisi oleh seorang nahkoda, seekor monyet, dan sesosok monster. Lho kok?

Dave Isay – Everyone Around You Has a Story the World Needs to Hear 

Sebagai seorang Introvert yang gemar mendengar cerita, gue tertarik menonton talk dari Dave Isay ini. Sebentar, tonton juga deh talk soal introvert yang segar dari Susan Cain, gak berarti Introvert gak bisa ngomong di depan ratusan orang di TED Talks kan 😉 how-the-revolution-got-started-source-ted-talk1Dave Isay mengikuti panggilan hidupnya untuk mengupas dan mengungkap cerita orang-orang kepada dunia yang ternyata membuat si pemilik kisah merasa begitu berharga dan orang-orang yang mendengarnya terinspirasi. Ini mendorong Dave dkk membangun Story Corps Inc., sebuah ruang berbagi kisah. Dengarkan. dave

Melisa Marshall – Talk Nerdy to Me


Talk yang satu ini cocok banget untuk seluruh mahluk sains yang pikirannya udah terbang sampe Venus atau menciut sampe inti sel. Mereka (termasuk gue, sebagai mantan mahasiswa teknik) berpikir bahwa seluruh dunia harus tau karena penemuan ini mampu menyelamatkan peradaban!! Lalu tak seorang pun mengerti apa yang mereka bicarakan. Well, Melisa bisa membantu kamu sesederhana menghapus bullet di ppt kamu.

Suzanne Simard – How Trees Talk to Each Other


Masih berhubungan dengan sains, gue nonton talk ini karena gue sukaaaa banget memperhatikan pohon apalagi pohon-pohon besar. Kayak cantik aja gitu, tapi gagah juga. Dan tau apa, Suzanne Simard, seorang ilmuwan hutan, dengan kecintaan akan pohon yang lebih dari gue, menemukan bahwa pohon-pohon sesungguhnya lebih dari sekumpulan pohon di dalam habitat bernama hutan. Mereka bicara.

Mandy Len Catron – Falling in Love is the Easy Part

5-steps-to-make-a-girl-fall-in-love-with-you-11Nah. Ini nih. Penelitian ini amat menarik, seru, unik, dan segar. Hihi.  Mandy Len Catron menyusun 36 pertanyaan yang bisa membuat bahkan 2 orang asing jatuh cinta! Hasil temuan dia booming saat jadi hot issue di New York Times. Bahkan Mandy dan pasangannya jatuh cinta dari love essay ini lho! Tapi jatuh cinta bukan akhir, lanjut Mandy di talk-nya.

Oke. Itu sudah.

Selain di website resminya, kamu juga bisa nikmati TED Talks di youtube channel resminya dan di aplikasi TED di platform android dan iOS lho!

Sip.

Selamat terinspirasi!

Iklan

One thought on “TED Talks

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s