Berdendang · Berimbang

Cover Lover

So, I’d say thank you for the music for giving it to me.

Sepenggal lirik Thank You for the Music-nya ABBA di atas gw dedikasikan untuk para penyanyi, pemusik, dan semua orang yang terlibat dalam penciptaan lagu-lagu merdu pengisi music playlist gw. Sebenernya gw baru tahu penyanyi aslinya Thank You for the Music itu barusan pas gw mau nge-post tulisan ini, ternyata ABBA toh. Hahaha. Maklum, saya tahu lagu ini dari cover-an. Bahkan masih banyak lagi lagu-lagu lain yang gw tahu dari cover-an tanpa pernah tahu siapa penyanyi aslinya.

Fyi, cover lagu ini bisa dibilang sebuah kegiatan kali ya, kegiatan menyajikan ulang lagu orang lain. Mungkin mirip-mirip ‘remix’ kali ya, sama-sama menyajikan kembali sebuah lagu dengan versi yang berbeda. Cuman kalo menurut gw, ‘remix’ tuh penyajian ulang lagunya dalam versi house, disco, koplo, dkk gitu, sementara ‘cover’ tuh penyajian ulang lagunya dalam versi akustik (umumnya). Jadi yang sering gw denger tuh lagu tenang di-‘remix’ jadi rame, lagu rame di-‘cover’ jadi tenang. Hahaha. Tapi itu pendapat gw doang, penikmat musik amatir. Ga penting-penting amat.

Nah, gw nih semacam jatuh cinta sama lagu-lagu cover. Sempet tuh isi music playlist gw itu lagu cover-an semua. Bahkan lagu-lagu cover-an yang gw denger itu ga gw ketahui versi aslinya kaya apa, yang jelas cover version-nya enaaaaak aja gitu. Oleh karena itulah tulisan ini dibuat yaitu didedikasikan untuk Sungha Jung, Madilyn Bailey, my favorite Sabrina, J Rabbit, dan artis-artis cover lainnya yang gw temukan di soundcloud. Haha lebay.

Cover-listen habit ini bermula di tahun pertama kuliah gw, mungkin di akhir tahun 2011. Ketika itu gw sedang dalam masa pengerjaan tugas Pemrograman Komputer bersama Gombloh dan Juliof. Nah, Juliof ini demen banget muterin lagu-lagu populer yang dibawakan dalam bentuk akustikan gitu. Penasaran karena keenakan nimbrung ngedengerin, gw tanya-tanya kan ya, ternyata si Juliof ini muterin video-nya Sungha Jung di Youtube. Setelah mencoba mendengarkan dan kepincut, belakangan gw tahu kalo si Sungha ini meng-cover lagu-lagu populer dengan gitar, istilahnya guitar version lah ya, dan gaya mainnya tuh fingerstyle. Apa itu fingerstyle? Gw mau jelasin tapi takut salah ngomong nulis istilah-istilah musiknya kan tengsin. Lihat aja deuh yaa.

Sungha Jung – Lonely

Sungha Jung – I Won’t Give Up

Yang kedua gw temukan adalah seorang gadis pirang yang cover-in lagu Nicki Minaj, Starships, in a catchy way, Madilyn Bailey! Gw denger Starships-nya si Madilyn ini dari adek gw, terus malah gw yang jadi cari lagu-lagunya yang lain. Saat ini sih cover-nya Madilyn favorit gw itu Lego House (yang ternyata) punyanya Ed Sheeran.

Madilyn Bailey – Starships

Madilyn Bailey – Lego House

Ed Sheeran – Lego House

Nah dengan artis cover ketiga ini, pertemuan kami cukup dramatis *tsaaah*. Ketika itu, gw sama Grace mau nonton 5cm di Amplaz kan, terus kami makan dulu. Waktu itu kami makan di food courtnya kan lalu mengalunlah lagu-lagu merdu yang menarik perhatian gw (dan Grace). Aku jatuh cinta pada pendengaran pertama (apasih). Sangat penasaran, gw memutar otak bagaimana cara mencari tahu siapa si penyanyi ini karena googling tidaklah memungkinkan. Kebetulan, meja di belakang gw baru ditinggalkan oleh orang-orang yang tadinya makan di situ, trus dateng kan mas-mas yang bersihin. Gw tanyain aja sama mas-masnya.

N : gw, M : Mas-masnya

N : Mas, ruang informasinya di mana ya?

Mas-masnya bingung.

M : Maksudnya gimana, mba?

N : Ituu.. kan lagunya ini yang kedengeran di food court diputer di ruang informasi gitu-gitu kan mas. Ruang informasinya di mana ya, Mas, atau apalah tempat yang muterin lagu ini.

Mas-mas yang gw tanyain masih bingung, tambah bingung malah kali. Nah mas-masnya sebenernya ada dua. Mendengar pertanyaan aneh gw, mas-mas yang satunya jadi ikut nimbrung. Ia menjawab pertanyaan gw.

M2 : Mau tahu yang nyanyi ini ya, mba?

Gw yang jadi bingung, masnya kok pengertian sih (salah fokus).

N : Eh?

M2 : Ini yang nyanyi Sabrina, mba.

N : (excited) Yang nyanyi lagu yang diputer ini namanya Sabrina, mas?

M2 : Iya, yang nyanyi kan? Sabrina, iya, mba.

N : Oh iyaaa.. makasi ya, mas..

Saking bahagianya, gw dan Grace langsung googling dengan keyword “Sabrina cover”. Haha. Itulah awal pertemuan gw dengan Sabrina. Ternyata dia ngeluarin album cover setiap tahun, waktu itu udah sampe album kelima. Gw download semua. Iya. Semua. Terus semua orang gw ceritain tentang Sabrina, ternyata mereka yang gw ceritain semuanya udah tahu soal Sabrina. Gw merasa ketinggalan banget. Nih dah gw kasih salah satu cover-nya Sabrina favorit gw, judulnya Everything You Want. Lagu ini aslinya punyanya Vertical Horizon. Gw baru tahu versi aslinya beberapa hari yang lalu, haha. Kalo punyanya Vertical Horizon, lagunya versi maskulin gitu, “He’s everything you want~”. Kalo yang di-cover Sabrina, lagunya versi femininnya, “She’s everything you need~”. Check it out.

Sabrina  – Everything You Want

Vertical Horizon – Everything You Want

Itulah top 3 cover artist yang merajai chart Most Played playlist hape gw haha kaya penting banget music playlist gw. Sebenernya masih ada lagi para cover artist yang gw demenin.

AhnJun Sung (marganya Ahn), alias Jun Curry Ahn. Abang ini cover-in lagu-lagu populer pake biola, dia kaya 11-12 sama Sungha Jung. Berkebalikan dengan image violist yang (kesannya) elegan dan tenang, dia adalah seorang extrovert yang suka joget-joget di sela-sela lagu yang sedang dia bawakan.

Ahn Jun Sung – Red

J Rabbit. Yang ini sebenernya duo indie yang punya lagu sendiri (lagu-lagunya enak lhoooo), tapi cover-nya mereka enak juga.

J Rabbit – I’m in Love (cover), medley lagu-lagu soal jatuh cinta

Alika. Penyanyi Indonesia yang terkenal lewat ajang pencarian bakat menyanyi anak-anak ini gw temuin cover-cover-nya di Soundcloud.

Alika – Almost is Never Enough

Maureen. Nah ini artis cover yang paling gw kenal, soalnya dia satu fakultas sama gw. Hahahahahha. Gw kenal dia di PMKT (Persekutuan Mahasiswa Kristen Teknik) dan dia memang Tuhan anugerahkan dengan suara gemilang. Meski cover-nya sederhana, tapi suara dia lebih dari kata sederhana.

Maureen – Love on Top

Selamat mendengarkan :)

Tinggalkan Balasan

