Berbagi

UGM dan Almamaternya

Apa warna jas almamater UI? Kuning!
Apa warna jas almamater ITB? Biru tua!
Apa warna jas almamater IPB? Biru juga!
Kalo jas almamater UGM? Hm..hijau? coklat? warna butek gitu.

Jujur aja, sebelum jadi bagian UGM, gw sempet mikir kenapa warna jas almamater UGM begitu. Dan fyi aja, sebelumnya gw bercita-cita kuliah di UI the yellow jacket, tapi karena satu dan lain hal akhirnya gw membulatkan tekad untuk mengenyam bangku perguruan tinggi di UGM meski harus merantau. Jadi ya gw sempet tuh yang namanya ngebandingin antara UI dan UGM, termasuk ngebandingin jas almamaternya. Jadi waktu itu gw nonton sebuah acara kuis di TV dan salah satu kelompok pesertanya itu adalah mahasiswa-mahasiswa UGM. Mereka kan kompakan tuh pake jas almamater dan gw terkejut melihatnya. Kok gitu sih warnanya, dalam hati sih mikir gitu.

Tetapi oh tetapi, semua itu berubah dari perasaan yang ga ngerti kenapa jas almamater kampus gw warnanya aneh jadi perasaan yang bangga memiliki jas almamater yang amat bermakna ini. Terima kasih banget buat kakak ketua BEM yang udah meng-orasi-kan maknanya, jadinya sekarang banyak maba yang ngerti.

Warna jas almamater UGM bukan warna ijo coklat, ijo butek, atau ijo gaje! Tapi warna perjuangan! (ehem bahasa gw).

Jas Almamater UGM
Jas Almamater saya
Kenapa dibilang warna perjuangan? Coba perhatikan baik-baik warna jas UGM, warnanya kaya warna karung goni kan? Jawabannya iya!

Trus apa hubungannya warna karung goni sama warna perjuangan? Inget kan kalo bangsa Indonesia kala berjuang melawan penjajah itu pake baju apa. Bukan kemeja, jas, plus dasi kaya yang ada di foto-foto -itu mah karena mereka mau difoto makanya pake baju paling bagus- , tapi bangsa Indonesia pake karung goni. Karung goni itu menandakan perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah, sama dengan UGM yang merupakan kampus perjuangan.

Sekilas sejarah UGM. UGM itu perguruan tinggi pertama di Indonesia, diresmikan tanggal 19 Desember 1949. Tanggal 19 Desember dipilih karena ada hubungannya dengan agresi militer dari Belanda tanggal 19 Desember 1948. Maka dengan berdirinya perguruan tinggi di Indonesia, diharapkan ini menjadi penyemangat bangsa untuk boleh bangkit dan tidak akan menyerah kepada para penjajah. Jadi, berdirinya UGM punya makna penting di dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Itulah kenapa setiap elemen dalam UGM punya makna perjuangan, termasuk jas almamater.

Walaupun warna jas almamater UGM ga se-jelas warna kuning, biru, merah, atau warna-warna lainnya, tapi warna jas almamater UGM punya makna yang sangat jelas mengingatkan semangat perjuangan bangsa Indonesia.

Salam perjuangan dari kampus perjuangan.

please don’t take any words here without credit.

anyone anytime anywhere please comment anything.

38 thoughts on “UGM dan Almamaternya

  1. oh, pantes kalo dibandingin sama kampus lain aneh almamaternya…
    alhamdulillah, semakin bangga make almamater UGM tahun ini…😀
    terimakasih ya kakak😀 saya maba baru nih di UGM, 2014

    Suka

  2. waah pantesan warnanya beda dari yang lain🙂
    Aku pengen masuk UGM kka😀 moga tahun 2015 nanti aku di bolehin kuliah ke sana + lulus di sana🙂
    Aku di kalimantan selatan sih O:)

    Suka

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s