Berkomentar

Jungle Fish

Gw baru aja nonton drama-1-episode (menurut gw itu namanya ftv kali yaa) asal Korea yang dibuat tahun 2008, judulnya Jungle Fish.

Berikut detilnya :

  • Judul : Jungle Fish / Jeonggeul Piswi (정글피쉬
  • Genre : Drama, School
  • Disiarkan oleh : KBS2
  • Disiarkan pada : 5 Mei 2008
  • Sutradara : Choi Sung Bum (최성범)
  • Penulis Naskah : Seo Jae Won (서재원), Kim Kyung Min (김경민), Im Chae Joon (임채준)

Pemeran :

    • Kim Soo Hyun as Han Jae Ta
    • Park Bo Young as Lee Eun Soo
    • Jang Ki Bum as Han Dong Hee
    • Min Ji as Kang Sol
    • Seo Hye Jin as Na Mi Rae
    • Hwang Chan Sung 2PM as Park Young Sam
    • Kim C as Jae Ta’s uncle
    • Kim Dong Bum as speaker
    • Kim Jung Kyoon as Jae Ta’s teacher
    • Lee Joo Suk as Eun Soo’s teacher
    • Kim Hee Ryung as Eun Soo’s mother

Drama ini berkisah tentang kasus  pembocoran soal ujian tengah semester di sebuah sekolah yang membuat geger sekolah tersebut. Si tokoh utama dihadapkan pada kenyataan bahwa ternyata teman baiknya adalah salah satu dari tiga penerima bocoran soal. Di sisi lain, dia diajak oleh temannya yang lain untuk menyelidiki kasus tersebut. Jungle Fish sendiri merupakan nama julukan si tokoh utama bagi kita (berasa lebih muda), pelajar, yang berjuang lepas dari hutan yang gelap dan bertahan menghadapi tekanan dari para predator (orang tua, guru, tatanan sosial) untuk berenang menuju lautan luas.

Daaaan ya! Tokoh utamanya adalah Kim Soo Hyun yang jadi Song Sam Dong di Dream High. Gw tau drama ini juga karena ehem-tidaksengaja-ehem liat-liat Kim Soo Hyun. Plus, yang jadi teman detektifnya Soohyun adalah Chansung 2PM yang di drama ini ga keliatan image Beastie-2PM-nya sama sekali.

Yang menarik dari drama ini adalah kenyataan yang dipaparkan. Kenyataan mengenai kehidupan pendidikan di Korea Selatan. Gw sendiri ga tau apakah cerita ini beneran pernah terjadi di kehidupan sekolah di Korea apa ngga. Apakah di sana itu beneran jadi heboh banget kalo ketauan nyontek, gw ga tau. Tapi beberapa hal di drama ini memang dialami para pelajar di Korea, seperti saat mereka ambil pelajaran privat (dari pengamatan gw ya, privat disana kurang fleksibel dibanding bimbel di Indonesia),  ikut kelas tambahan sampe malem (yang ini gila banget menurut gw, apa ga cape belajar sepanjang hari?!), dan belajar mati-matian untuk masuk universitas (kurang tahu mereka hanya berjuang untuk univ.negeri kaya di Indonesia atau juga univ.swasta).

Dibandingkan dengan Indonesia. Pelajar di Indonesia dan Korea Selatan sama-sama belajar ekstra (atau bisa dikatakan mati-matian untuk sebagian) di tahun terakhir SMA mereka untuk menghadapi ujian nasional juga ujian masuk universitas (alias UN dan SNMPTN, kalo di Indonesia), kita dan mereka juga sama-sama ikut bimbel, pendidikan menjadi tolak ukur kesuksesan orang tua dan keluarga juga menjadi kebanggaan bagi keluarga (well, kenyataan ini di Indonesia tidak berlaku bagi sebagian keluarga dan ga tau deh di Korea begitu semua apa cuma sebagian).

Yang beda adalah di Indonesia itu “budaya” mencontek bukan “coreng” lagi, tapi udah jadi kaya lovely sin. Sedangkan di Korea, menyontek itu bukan hal yang terpuji, terlepas dari  ketidaktahuan gw tentang respons siswa di sana mengenai menyontek itu benar adanya apa ngga.

Dari film drama ini sih gw ehem-belajar-ehem tentang budaya belajar di Korea Selatan, yang baiknya kita pelajari, yang buruknya ga usah di tiru. Oh iya, di drama ini ga ada romansa sama sekali, jadi jangan berharap Kim Soo Hyun punya adegan romantis atau semacamnya. Tapi kalau berharap melihat Kim Soo Hyun AJA, atau memantau karir akting Kim Soo Hyun, atau penasaran sama ceritanya, atau ga ada kerjaan tapi pengen nonton film korea yang ada cowo gantengnya paling ngga ada Kim Soo Hyun dan Chansung 2PM, yaa silahkan dicoba nonton di Youtube.

Jungle Fish – eng sub

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s